NAMA KELOMPOK:
1. FITRI NURLIA (22211921)
2. INDRI RAHAYU PRADITYA (23211621)
3. NIA ARVIONITA (25211150)
4. NIKEN KURNIAWATI (28211356)
5. NUR HIKMAH (25211309)
KELAS : 1EB20
- SEBUTKAN FUNGSI MANAJEMEN DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA
Fungsi Manajemen :
a. Planning ( Perencanaan ) adalah suatu fungsi pemilihan alternative melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, program, maupun prosedur untuk memperbaikinya.
Contoh penerapan : Setelah lulus dari SMA, saya mempunyai rencana (Planning) untuk berkuliah, dengan memilih fakultas ekonomi jurusan akuntansi.
Manfaat : Dengan melakukan planning maka suatu kegiatan akan lebih terarah.
b. Organizing ( Pengorganisasian ) adalah pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi tugas dan fungsinya.
Contoh penerapan : Dalam hal ini setelah diterima dalam suatu Universitas, Saya membuat kelompok-kelompok belajar guna memperoleh hasil mata kuliah yang sebaik mungkin , selain itu juga Saya mengikuti UKM Faris.
Manfaat : Dengan melakukan Organizing, maka akan terlihat kelompok-kelompok organisasi yang menjalankan fungsi atau tugasnya masing-masing.
c. Directing ( Pengarahan ) adalah usaha memberi bimbingan, saran, dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan untuk dilaksanakan dengan baik.
Contoh penerapan : Dalam kegiatan-kegiatan yang saya ikuti, saya berusaha memberi pengarahan pada diri saya sendiri, agar kegiatan-kegiatan yang saya ikuti bernilai positif dan mendapat hasil yang maksimal.
Manfaat : Dengan melakukan arahan, maka tugas tersebut selesai dengan baik dan optimal.
d. Coordinating ( Koordinasi ) adalah menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan lempar tanggung jawab.
Contoh penerapan : Dalam hal ini bila dibuat suatu tugas kelompok, kami berusaha agar pembagian tugas merata dan kami pun berusaha agar semua anggota kelompok dapat mengungkapkan pendapatnya masing-masing.
Manfaat : Tercapainya tujuan organisasi yang akan berarti tercapainya tujuan pribadi masing-masing.
e. Controlling ( Pengawasan ) adalah penerapan cara untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Contoh penerapan : Dalam hal tugas kelompok, sesama anggota saling mengingatkan atau mengawasi, bila tugas telah dibagi dengan merata, maka itulah yang harus dikerjakan oleh masing-masing individu.
Manfaat : Untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpangan pada si anak.
- APA CIRI MANAJER PROFESIONAL BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
- DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
- DENGAN INFORMASI
- DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- Hubungan antar pribadi :
· Pimpinan lambang (Figurehead): kepala simbolis diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial
· Pimpinan (leader): bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan, bertamnggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong (staffing),emlatih dan tugas-tugas yang terkait.
· Penghubung (liaison): memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi
b. Informasi
· Pemantau (Monitor): Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi
· Penyebar (Dissiminator): Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi
· Jurubicara (Spokesperson) Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi
c. Pengambilan keputusan
· Wirausaha (Entrepreneur): Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan
· Pengendali Gangguan (Disturbance Handler): Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting
· Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator): Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi
· Perunding (Negotiator): Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama
3. SEBUTKAN BENTUK – BENTUK ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA SECARA SINGKAT
BENTUK-BENTUK ORGANISASI:
Organisasi Lini : Garis wewenang yang menghubungkan langsung secara vertikal
antara atasan dan bawahan
Ciri-cirinya :
· Jumlah karyawan sedikit
· Manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
· Sarana dan alatnya terbatas
· Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
· Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah top manager
Organisasi Fungsional : Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus
Ciri-cirinya :
· Organisasi kecil
· Terdapat kelompok kerja staf ahli
· Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
· Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
· Pengawasan ketat
Organisasi Garis dan Staff : Pelimpahan wewenang secara vertikal dari pimpinan ke kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer ditempatkan satu atau pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah tetapi hanya sebagai penasihat, misalnya : kearsipan, keuangan, personel
Ciri-cirinya :
· Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung
· Karyawan banyak
· Organisasi besar
· Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi :
-Personel Lini
-Personel Staff
Organisasi Fungsional dan Garis : Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
Ciri-cirinya :
· Tidak tampak pembedaan tugas pokok dan bantuan
· Spesialisasi praktis pada pejabat fungsional
· Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon
Organisasi Matrik : Disebut juga sebagai Organisasi Manajemen Proyek yaitu penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang punya ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan.
Organisasi Komite : Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan secara kolektif oleh kelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board dengan plurastic manajemen.
Terdiri dari :
· Executive Committe (Pimpinan Komite) Anggotanya mempunyai wewenang lini
· Staff Committe Orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar