Sabtu, 05 November 2011

Tugas Kelompok Minggu Ke-5


NAMA KELOMPOK:
1.      FITRI NURLIA (22211921)
2.      INDRI RAHAYU PRADITYA (23211621)
3.      NIA ARVIONITA (25211150)
4.      NIKEN KURNIAWATI (28211356)
5.      NUR HIKMAH (25211309)

KELAS : 1EB20


  1. SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA
      Fungsi Manajemen :
a.       Planning ( Perencanaan ) adalah suatu fungsi pemilihan alternative melalui suatu proses yang rasional untuk mengambil keputusan terhadap objective perusahaan, program, maupun prosedur untuk memperbaikinya.
Contoh penerapan : Setelah lulus dari SMA, saya mempunyai rencana (Planning) untuk berkuliah, dengan memilih fakultas ekonomi jurusan akuntansi.
Manfaat : Dengan melakukan planning maka suatu kegiatan akan lebih terarah.

b.      Organizing ( Pengorganisasian ) adalah pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, termasuk dalam hal ini penetapan susunan organisasi tugas dan fungsinya.
Contoh penerapan : Dalam hal ini setelah diterima dalam suatu Universitas, Saya membuat kelompok-kelompok belajar guna memperoleh hasil mata kuliah yang sebaik mungkin , selain itu juga Saya mengikuti UKM Faris.
Manfaat : Dengan melakukan Organizing, maka akan terlihat kelompok-kelompok organisasi yang menjalankan fungsi atau tugasnya masing-masing.

c.       Directing ( Pengarahan ) adalah usaha memberi bimbingan, saran, dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan untuk dilaksanakan dengan baik.
Contoh penerapan : Dalam kegiatan-kegiatan yang saya ikuti, saya berusaha memberi pengarahan pada diri saya sendiri, agar kegiatan-kegiatan yang saya ikuti bernilai positif dan mendapat hasil yang maksimal.
Manfaat : Dengan melakukan arahan, maka tugas tersebut selesai dengan baik dan optimal.

d.      Coordinating ( Koordinasi ) adalah menyelaraskan tugas atau pekerjaan agar tidak terjadi kekacauan dan lempar tanggung jawab.
Contoh penerapan : Dalam hal ini bila dibuat suatu tugas kelompok, kami berusaha agar pembagian tugas merata dan kami pun berusaha agar semua anggota kelompok dapat mengungkapkan pendapatnya masing-masing.
Manfaat : Tercapainya tujuan organisasi yang akan berarti tercapainya tujuan pribadi masing-masing.

e.       Controlling ( Pengawasan ) adalah penerapan cara untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Contoh penerapan : Dalam hal tugas kelompok, sesama anggota saling mengingatkan atau mengawasi, bila tugas telah dibagi dengan merata, maka itulah yang harus dikerjakan oleh masing-masing individu.
Manfaat : Untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang perlu dilakukan jika terjadi penyimpangan pada si anak.

  1. APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
    1. DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
    2. DENGAN INFORMASI
    3. DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  1. Hubungan antar pribadi :
·         Pimpinan lambang (Figurehead): kepala simbolis diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial
·         Pimpinan (leader): bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan, bertamnggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong (staffing),emlatih dan tugas-tugas yang terkait.
·         Penghubung (liaison): memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dan informasi
b.      Informasi
·         Pemantau (Monitor): Sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi
·         Penyebar (Dissiminator): Meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi
·         Jurubicara (Spokesperson) Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan dan hasil organisasi
c.       Pengambilan keputusan
·         Wirausaha (Entrepreneur): Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikkan” untuk menimbulkan perubahan
·         Pengendali Gangguan (Disturbance Handler): Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting
·         Pengalokasi Sumber Daya (Resource Allocator): Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi
·         Perunding (Negotiator): Mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama
    3.   SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI DAN PENGERTIANNYA             SECARA SINGKAT
           
            BENTUK-BENTUK ORGANISASI:

                        Organisasi Lini : Garis wewenang yang menghubungkan langsung secara               vertikal
            antara atasan dan bawahan
            Ciri-cirinya :
·         Jumlah karyawan sedikit
·         Manajer dibawahnya hanya sebagai pelaksana
·         Sarana dan alatnya terbatas
·         Hubungan atasan dan bawahan bersifat langsung
·         Bentuk lini pada perusahaan perseorangan, pemilik perusahaan adalah top manager
                        Organisasi Fungsional : Wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan   kepada kepala bagian yang mempunyai jabatan fungsional untuk dikerjakan       para pelaksana yang mempunyai keahlian khusus
            Ciri-cirinya :
·      Organisasi kecil
·      Terdapat kelompok kerja staf ahli
·      Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
·      Target yang hendak dicapai jelas dan pasti
·      Pengawasan ketat

                        Organisasi Garis dan Staff : Pelimpahan wewenang secara vertikal dari      pimpinan ke     kepala bagian dibawahnya serta masing-masing pejabat, manajer     ditempatkan satu atau pejabat staff yang tidak mempunyai wewenang memerintah    tetapi hanya sebagai    penasihat, misalnya : kearsipan, keuangan, personel
            Ciri-cirinya :
·         Hubungan atasan dan bawahan tidak seluruhnya langsung
·         Karyawan banyak
·         Organisasi besar
·         Ada 2 kelompok kerja organisasi sehingga ditekankan adanya spesialisasi :
-Personel Lini
-Personel Staff

                        Organisasi Fungsional dan Garis : Wewenang dari pimpinan tertinggi       dilimpahkan    kepada kepala bagian dibawahnya yang mempunyai keahlian tertentu          serta sebagian dilimpahkan kepada pejabat fungsional yang koordinasinya tetap diserahkan kepada kepala bagian.
            Ciri-cirinya :
·         Tidak tampak pembedaan tugas pokok dan bantuan
·         Spesialisasi praktis pada pejabat fungsional
·         Pembagian kerja dan pelimpahan wewenang tidak membedakan perbedaan tingkat eselon

                        Organisasi Matrik : Disebut juga sebagai Organisasi Manajemen Proyek yaitu        penggunaan struktur organisasi menunjukkan di mana para spesialis yang punya             ketrampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi           menjadi satu untuk mengerjakan proyek yang harus diselesaikan.

                        Organisasi Komite : Tugas kepemimpinan dan tugas tertentu dilaksanakan             secara kolektif oleh kelompok pejabat, yang berupa komite atau dewan atau board             dengan plurastic manajemen.
            Terdiri dari :
·         Executive Committe (Pimpinan Komite) Anggotanya mempunyai wewenang lini
·         Staff Committe Orang-orang yang hanya mempunyai wewenang staf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar